15 Mei 2010

Konektor USB

Karena pengen buat kabel perpanjangan USB pake UTP - aku nanya ke teknisi (sekaligus kurir) toko wireless langgananku yang kebetulan lagi kirim pesenan barang ke rumah, kusingkat saja : aku = A, si kurir = K,
begini ceritanya :


A = mas - nek aku ambil konektor USB-ne thok isa ora ? regane pira.
K = wah tidak bisa pak, konektornya tidak dijual terpisah, harus beli sekalian kabel ekstendernya... apalagi sekarang memasukkan konektor yang baru susah sekali.
A = mosok golek konektor USB nyang Jogja angel to mas... [nggak percaya].
K = iya bener pak, kita saja kalau buat kabel ekstender harus mbongkar dari perangkat USB yang sudah jadi buatan pabrik.
A = ah mosok to... [tambah nggak percaya] - nggak nyoba cari ke Audio Elektronik depan PLN Mangkubumi.
K = sudah ke sana pak tapi tidak punya.

Kira-kira itu inti ceritanya...
Karena penasaran dengan kata-kata si kurir, Jumat sore (14/5) habis nengok suami temen sekantor di Sardjito aku mampir ke Audio Elektronik... mau beli solder sekalian membuktikan apa bener nggak ada yang jual konektor USB.

Masuk toko... keliling... ngelirik tiap etalase... kok nggak ada ya... mmm kok nggak ketemu ya... sampai ada mbak-mbak yang jaga nanyain... Cari apa mas ?

aku = A, si mbak = M


Karena rencana semula mau beli solder akhirnya aku bilang :
A = mbak ana solder sing murah tur apik.
M = ada mas disebelah sana... sambil nunjuk ke pojok sebelah kanan.
M = mau yang berapa watt, 30 atau 40... kemudian diambilnya 3 merk... termurah, sedengan, termahal.
A = [setelah lama memilih dan menimbang - biasanya kalau lebih berat komponennya bagus] wis sing iki wae mbak... aku ambil merk Dekko 30 w, seharga Rp. 27.500.
A = lha regane sing 30 w karo 40 w pada mbak ?
M = sama... apa lagi mas...
A = nek konektor USB ana ra mbak ?
M = ada di sebelah sini.
A = walah gene barange ada batinku... regane pira mbak ?... tanpa menunggu jawaban aku nanya lagi... mbak konektor-e duwe akeh ra,
M = yang male/female perbiji Rp. 3.500, penutupnya male/female perbiji Rp. 3.000, mas-e butuh berapa si tanyanya... menantang.
A = ah nggak... siji wae cukup kok kataku... sambil mesam-mesem.

Setelah keluar dari toko aku mikir : berarti omongan si kurir nggak bener, dia cuman mau melindungi barang yang dijual tokonya... biar kabel ektendernya laku, makanya nggak boleh beli konektornya thok dan ternyata kalau diitung-itung keuntungan jualan kabel USB ekstender sangat besar, ini perhitungannya :

Kabel ekstender panjang 13m (UTPnya pake merk AMP) dijualnya dengan harga Rp. 120.000

Kalau buat sendiri :
Kabel UTP AMP 13m x Rp. 3.500 = Rp. 45.500, kalau beli 1 rol mesti lebih murah lagi,
Konektor USB male + female = Rp. 7.000,
Penutup konektor male + female = Rp. 6.000,
Ongkos kerja + keuntungan = Rp. 10.000,
Total harga = Rp. 68.500.

Keuntungannya Rp. 51.500, ck... ck... ck...

Bagi yang mau buat - ini petunjuknya, alamat aslinya di sini

Karena aku berprinsip sama rata, maka setiap line aku kasih 2 kabel sehingga aturan di atas tidak berlaku dan hasilnya seperti ini... yang konektor female tidak bisa dikasih tutup... ketebelan kabel.

Setelah dites pake flashdisk... normal - baca - tulis ok, dicoba pake usb wifi... normal juga... koneksi internet lancar, padahal sebelumnya aku pake kabel ekstender 15 m usb wifinya tidak dikenali (not recognized).



8 komentar:

AA 63 NK mengatakan...

Mau tanya...
Untuk kabel UTP merk AMP yang Ori dan harga murah, di jogja beli dimana y????
Dan harganya sekarang berapa???
Trimakasih....

Anonim mengatakan...

UTP ori saya beli permeternya : Rp. 3500, kalau Belden : Rp. 3700 ~ Rp. 4000, kalau 1 rol sekitar 800 ~ 900 rb-an.
Bisa beli di toko komputer langganan Anda, tapi pastikan itu original, dikenali dengan kabelnya yang lebih kaku, ulet dan tebel.

bonbon mengatakan...

Aku muter2 di pusat komponen harco-glodok jakarta malah gak ada ya mas, jadi binun aku.

Weni Sulistyono mengatakan...

Coba mas beli online saja di www.wajanbolic.com, itu toko langgananan saya di jogja, bisa kirim ke seluruh indonesia kok.
Kabel UTP/STP yang dijual dijamin ori bisa milih merk AMP atau belden

shinici x mengatakan...

nice share gan.... selain audio ada toko lain g gan??? takutnya dah nekad ke jogja nyari di audio malah stok habis.... kan kecewa berat,,, hehehe,,,,,

Digital sablon mengatakan...

nice info gan

Digital sablon mengatakan...

mau tanya gan, itu d bagi rata 1 pin 2 kabel lan bisa d pake g sesuai dengan gambarnya? trims gan

Unknown mengatakan...

aku jogja mas itu tokok nya nama nya apa dan alamat engkapnya dimana trims