30 Oktober 2010

Virus Windows Media Center

Hari Jumat kemarin aku didatangi temen yang sambat... laptop barunya yang masih berumur 2 minggu kalau dipake membuka aplikasi tertentu bukannya membuka aplikasi yang dimaksud - malah membuka Windows Media Center (WMC).

Awalnya hanya meng-YAS-YES-YAS-YES-kan pilihan waktu menginstall aplikasi dari internet... yang berbuah petaka, beberapa software tidak bisa dibuka, tidak bisa proses copy - paste file, tidak bisa browsing dan sederet masalah lain... cuman untungnya file-file word, excel tidak terpengaruh... untungnya.

Karena hanya sebatas cerita jadi aku nggak begitu dong... baru setelah laptop dinyalakan dan masuk ke desktop Windows 7 baru mudeng dengan "sakit"nya si laptop. Baru selesai loading... WMC yang tidak dipanggil muncul dengan PD-nya.
Ditutup - muncul lagi, ditutup - muncul lagi, diminimize malah maximize, akhirnya aku banting laptopnya... aku injak-injak... eh nggak ding... aku berpikir sebentar.

Nyoba buka msconfig... nggak bisa, buka Task Manager bisa tapi tidak ada program aneh yang jalan, kecuali si WMC yang di End Task juga nggak mau pergi.
Penggunaan prosesornya juga agak tidak normal sekitar 20% ~ 40%, padahal tidak sedang membuka aplikasi apapun.

Karena baru ngalami kejadian seperti ini, aku njanjiin tak carikan solusinya dulu di Internet nanti malam di rumah. Temenku meng-iyakan saja,
cuman dia pesen kalau bisa laptopnya JANGAN DIINSTALL ULANG kecuali SANGAT TERPAKSA karena banyak data di My Documents yang belum dipindah (mau dipindah bagaimana wong proses copy - paste nggak mau). Rencananya Sabtu besok mau tak "obati" sakitnya si laptop.

Malamnya browsing cari solusi... eh ngecek lapak sebentar di kaskus, wuah ada mainan kereta api... pengeeen, baru konsen lagi ke masalah semula. Cari-cari, pilih-pilih dan akhirnya nemu yang cocok, baca sebentar... o... ya... ya... ya ternyata mudah dan tidak memerlukan bantuan Anti Virus.

Paginya aku masuk lab. komputer - pelajaran TIK kelas IXa, selang sebentar temenku nyusul bawa laptopnya, langsung tak coba langkah-langkah berikut ini :

1. Download dulu file yang digunakan untuk memperbaiki registry (sudah tak download malam sebelumnya jadi langkah pertama diabaikan)
2. Ekstrak pada folder yang sudah ditentukan dan jalankan dengan meng-kliknya 2x,
3. Klik Start - Run - ketik : regedit - tekan Enter,
4. Cari :
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe,
5.
Hapus semua entry yang berhubungan dengan Windows Media Center,
6. Keluar dari regedit dan restart laptop.

Ting...
WMC tidak menampakkan "batang hidung"nya, shortcut browser dan beberapa aplikasi sudah kembali ke semula, dicoba dijalankan normal, nyoba proses copy - paste sukses. Selesai sudah... bye.. bye ... WMC.


1 komentar:

Acemara mengatakan...

Gk bisa download file...
Mas kasus kita sama
pas temenku download(botol kecap)corel draw trus di instal trus si PD keluar trus aku recover mundur 2 hari kok gk bisa