13 November 2010

Iteman

Iteman... bukan berarti manusia berwarna item... hehehe... ehem, jadi ceritanya aku baru buat analisa butir soal semester ini pake Excel. Selesai dicetak aku mintakan tandatangan KS. Dicek sebentar dan tak lama berselang lembar demi lembar-pun selesai ditandatangi sampai kemudian berhenti pada lembar analisa soal.

Dibaca berulang-ulang kok ada yang ganjil, intinya hasil analisa menyimpulkan kalau soalku harus diganti semua... aneh kan, soal sulit diganti - wajar, soal mudah diganti - masih wajar, lah soal sedang juga minta diganti - ckckck, apa yang salah.

Setelah mengajak bagian Kurikulum untuk diskusi... dipikir bersama... mumet bersama... akhirnya ketemu masalahnya... nilai siswaku tidak diurutkan dari tertinggi ke terendah tapi pengurutanku hanya berdasarkan no. presensi... oalah... dan singkat kata pak KS menyarankan untuk mengulang analisa tapi menggunakan program Iteman.

Karena aku belum pernah denger dan kata KS itu programnya under DOS mesti agak susah nyarinya jadi sementara aku njanjikan akan mencari tahu dulu di Internet.

Malamnya sekalian ngerjakan tugas administrasi aku browsing ke Ebay sama Kaskus.. eh nyambi cari Iteman - ketemu ini dan ini. Awalnya mudah dipraktekkan tapi hasilnya kok beda dengan analisa hasil ulangannya... pusing... pusing... mencoba beberap kali tetep sama... dah ah tidur dulu dipikir besok.

Setelah 2 hari nguthek-uthek Iteman, akhirnya ketemu rumus yang pas, beda dikit sama tutorial di 2 link di atas, rumusnya aku tulis di sini berdasarkan percobaanku dan dijamin bener.
1. Download dulu Iteman, sekalian diekstrak pada folder yang sudah disiapkan.
2. Siapkan data analisa hasil ulangan... yang ini pake Excel.
3. Buka Notepad kemudian tulis rumus berikut ini :

_20_o_N_15
DAABCCCBABBBADCDECAB
44444444444444444444
YYYYYYYYYYYYYYYYYYYY
Bejo___________CCD

Penjelasannya :
_ = spasi
20 = jumlah soal yang dianalisa
o = omit (jawaban kosong)
N = Not respond (butir soal yang belum dikerjakan)
15 = jarak spasi dari nama siswa ke jawaban
DAA... = kunci jawaban yang benar dari soal (ada 20 jawaban)
444... = pilihan jawaban ABCD yang disediakan
(ada 4 sebanyak 20x)
YYY... = soal yang dianalisa no berapa, kalau diisi N berarti soal no xx tidak dianalisa oleh Iteman
(ada Y sebanyak 20x)
Bejo___________CCD... = nama siswa dan jawabannya, jangan lupa menambahkan 11x spasi setelah nama Bejo, jadi total dari permulaan paragraf sampai kunci jawaban ada 15 spasi

4. Tulis semua siswa beserta jawabannya dan simpan jadi satu dengan folder Iteman... beri nama yang unik, misalnya "kelas9a.txt" (selalu tambahkan ekstensi .txt pada file supaya disimpan sebagai file teks).
5. Jalankan Iteman dengan klik 2x.


6. "Enter the nama of the input file : " diisi dengan nama file jawaban siswa : kelas9a.txt.
7. "Enter the name of the output file : " diisi dengan nama file hasil analisa : hasil9a.txt.
8. Jawab Y pada pertanyaan "Do you want the scores written to a file?"
9. "
Enter the name of the score file : " diisi dengan nama file skor : skor9a.txt.
10. Tekan Enter dan perhatikan pada folder Iteman sekarang muncul 2 file baru yaitu : HASIL9A.TXT dan SKOR9A.TXT.
11. Buka kedua file tersebut dengan Notepad.
12. Supaya lebih rapi - copy - paste-kan isi kedua file di atas pada Ms. Word lalu dicetak - Selesai.

Paginya setelah aku cetak, hasil analisa Iteman aku taruh di meja pak KS lalu aku tinggal ngajar, siangnya setelah ngajar aku dipanggil pak KS dibilang supaya Iteman dicopy-kan ke pc ruang guru dan sewaktu-waktu ada temen perlu supaya mudah menggunakannya.


Tidak ada komentar: