23 Januari 2013

Biostar 9600GT

Jumat, 18 Januari om Wahyu dateng ke rumah... bawa vga pc kantornya yang trobel - masuk ke Windows bisa tapi keluar kotak warna-warni katanya (namanya artefak bro).

Sebelum di bawa ke rumah, vga pernah diserviskan ke Hyem... di toko tempat belinya dulu sekitar tahun 2008. Disana katanya diganti fannya yang mati sama diservis... kena biaya 100 ribu... gilak - mahal banget ???.
Ternyata penggantian fan tidak menyelesaikan masalah... hanya beberapa bulan setelah servis, kotak warna-warni muncul kembali.

Stres dengan kondisi vga yang nggak beres-beres akhirnya sambat ke aku... kebetulan aku punya vga cadangan PixelView OEM seri 9500GS - sedikit dibawah vganya yang merk Biostar 9600GT yang aku pinjamkan sampai sekarang. Sementara vganya mau dikembalikan ke Hyem tokonya tutup - 2x ke sana tutup... walaaah. 

Kira-kira bentuk si Biostar 9600 seperti ini.


Karena banyak kegiatan... si 9600 baru aku bongkar hari Minggu, 20 Januari. Kaget juga lihat hasil servisannya... fan memang diganti - diganti fan bekas - bekasnya card Palit, heatsinknya nggak dibersihin dari debu, thermal grease nggak dibersihin apalagi diganti baru... ini servis apaan - toko sekelas Hyem kok pelayanannya payah - bayar 100 ribu lagi.


Setelah melepas fan aku lepas heatsinknya - bersihin debunya pake kuas - sedangkan di bagian bawah heatsink sisa grease aku bersihin pake kain dikasih bensin sedikit terus keringkan pake tisu sampai benar-benar kering + mengkilat.

Di atas GPU aku bersihin grease yang lama pake cotton buds sama tisu terus aku ganti pake grease Shinetzu - sebenernya ini grease buat prosesor tapi selama ini aku pake buat vga gak masalah... hehehe - cuman harganya muahal. 
Sebagai pengganti fan yang dipasang Hyem - aku pasang fan 9 cm punya ThermalTake... wohoho fannya seharga biaya servis ganti fan di Hyem rupanya huahahahahaha.




Akhirnya setelah sekitar 1 jam selesai juga si 9600 "dianiaya"... tinggal tes nyala.

Tes nyala baru bisa hari ini... pulang sekolah istirahat sebentar - pasang 9600 ke mobo - nyalakan dan sampai artikel ini selesai dibuat nggak ada tuh kotak warna-warni yang muncul. Rencana mau tes nyala 2 x 24 jam atau paling tidak sampai om Wahyu lihat sendiri action-nya si 9600GT hari Jumat sore 25 Januari.

Suhunya "hanya" sekitar 46 ~ 48 celcius... sebelum diganti fan 9 cm bisa 85 celcius (mungkin kalau tak pasang sama fanku Datech 2A bisa cuman 26 ~ 35 celcius kali ya).


 9600GT in action






Setelah menunggu 2 hari fan Datech yang aku pesen dari Jakarta akhirnya datang juga, kiri 0.85A, kanan 2A... fan dengan sensor suhu - jadi kalau suhu naik putaran fan semakin kencang dan sebaliknya.




Tapi karena konektor powernya standar dari pc Dell maka aku perlu buat konektor power yang seperti ini. 


Datech menggantikan fan Thermaltake sebelumnya




2 komentar:

Unknown mengatakan...

ok, thanx bigbro..
brrti kui VGA ne sih normal to..??
(maksude cm gra2 kpanasen tok)

infone ana sg salah kui..
jarak waktu fan diganti oleh Hy*m sampe kjadian tu berjarak 5 bulan
(sebelume jg sama 5-6 bulanan, cz emg fannya dah pernah diganti 2x di toko yg sama..)

Weni Sulistyono mengatakan...

Ya perkiraan mung kepanasen wae sementara fan-e ora isa ngedemke GPU.
Diganti kok fan bekas... 100ewu meneh - komplainke wae sukur2 nek isa balik duite terus fan-e dibalekke

Tak coba maen COD BlackOps tapi rada patah2 suhu max 56C terendah 43C