28 Desember 2009

Akhirnya... pecah

Berbadan besar, gemuk, berkulit oranye, kalau sudah kenyang beratnya bisa setengah ton atau lebih... dengan angkuhnya duduk di singgasana tertinggi di atas rumah... kepanasan - kehujanan nggak pernah protes, karena memang sudah tugasnya berjaga diluar rumah.
Setelah setia menemani keluargaku selama 4 tahunan... menjadi aktor yang menjaga kebutuhan primer keluargaku... akhirnya hari minggu kemarin menjadi hari terakhir pengabdiannya.

Diawali dengan retakan kecil sepanjang 2 cm lebar 2~3 mm 3 hari yang lalu.

Awalnya aku tidak curiga... cuman lama-lama risih denger air netes padahal nggak baru saja diisi. Setelah aku naik buat ngecek baru ketauan retakan kecil tadi... ah sepele batinku... dilem pake isarplas pasti beres, tapi nunggu airnya habis dulu.
Sorenya setelah air habis aku coba lem pake isarplas... eh merk wavin harga 5000... lem... lem... ratakan... selesai - tinggal nunggu setengah jam baru diisi air.

Paginya kok air netes masih kedengeran... wah cara pertama gagal ni, harus dicoba pake cara lain, pikir dulu... ya coba pake ban bekas.
Sorenya aku coba perbaiki lagi... pertama lem yang lama dibersihkan kemudian bagian yang mau dilem dilap biar kering... beri lem isarplas pada retakan... tunggu sebentar kemudian beri lem castol pada daerah sekeliling retakan... pasang ban dalam bekas... pukul-pukul bentar... beri lem di sekeliling ban dan selesai... tinggal nunggu keringnya. Lega apalagi hari dah sore mana mau hujan lagi.

Minggu pagi aku cek di bawah talang, kebetulan tangki baru diisi tapi cuman separo - buat nyoba... kok netesnya tambah banyak... nggak beres nih... cek lagi... lho tambalannya melembung kena tekanan air terus airnya muncrat dari mana-mana. Wah harus ditambal ulang ni pikirku tapi mau ngabisin air sebanyak ini buat apa ya ?

Akhirnya air bisa dihabisin, tak cek retakannya tambah lebar... mau ditambal pake apalagi ni... pusing segala cara dah dicoba... ah ya ditambal pake campuran streofoam+bensin seperti nambal talang dulu.

Selesai nambal sambil niup-niup tambalan biar cepet kering... konyol banget si... dah tinggalin saja wong harinya panas toh nanti kering sendiri - ngisinya nanti agak sore-sorean saja.

Dan bencana itupun terjadi... sore jam 15.30 hujan turun... air diisi full. Selang setengah jam... aku baru bangun tidur ada suara... duaaar... seeeeeerrrrr... tangki yang penuh tadi pecah menumpahkan air 550 liter membanjiri dapur, tempat cuci dan sebagian masuk rumah plus bonus njatuhin 1 genteng beton diatas rak piring... padahal berat gentengnya ada 4 kiloan dan nggak pecah... huebat.

Ya dah kamipun bersusah payah ngepel 1 rumah... mana Ravi lagi rewel kena flu jadi ngepelnya gantian antara mamanya sama yang momong, sementara itu aku naik buat mbersihin pecahan tangki yang sudah nggak karuan ditambah lagi hujan turun... wah rekoso tenan.
Selesai mbersihin pecahan tangki sama ngepel lanjutin minta air ke tetangga samping rumah buat kebutuhan semalem... inipun selesai.

Malemnya setelah konsultasi dengan Bapak di Wates diputuskan beli tangki air baru... tapi aku pengen harus yang warna biru merk Penguin dengan alasan warna gelap nggak cepet keluar lumut jadi nggak sering-sering nguras, milih merk Penguin karena daya tahannya lebih lama... katanya banyak orang.

Senin pagi hunting kemana-mana nggak ada toko yang punya stok Penguin biru... yang ada oranye... baru dapet Penguin biru di Wirobrajan... itupun hanya ada yang ukuran 550 dan 250... ya dah ambil yang 250 dengan asumsi ngurasnya lebih mudah, naikinnya ke atas juga mudah... kena harga 330 karena yang punya toko kenal sama Bapak.

Pasang sebentar sama Bapak dan taraaaaaaaaaa... terpasang manis menggantikan posisi tangki lama yang gendut... ni tangki imutnya setelah duduk di singgasana.

3 komentar:

Fajar Sutrisno mengatakan...

Saya baelum lama juga mengalami tangki air pecah. Sebagian besar airnya tumpah ke rumah tetangga. Untung tetangga saya baik. Tapi saya tetap bertanggung jawab mengganti sedikit kerusakan plafon rumahnya karena air 'bah'.

Fajar Sutrisno mengatakan...

Saya baelum lama juga mengalami tangki air pecah. Sebagian besar airnya tumpah ke rumah tetangga. Untung tetangga saya baik. Tapi saya tetap bertanggung jawab mengganti sedikit kerusakan plafon rumahnya karena air 'bah'.

Unknown mengatakan...

Penyebab pecahnya tangki air apa ya gaes...?