05 Januari 2010

Lanjutan Tes Team Dark 800

Hari ini aku nggak ada kegiatan, cuman dirumah - apalagi di luar mendung... jadi males mau kemana-mana... rencana mau bersihin pc yang dah kotor, apalagi sore sebelumnya aku nyalain pc tampilan gambar dimonitor berubah warna agak merah.

Sempet monitor yang dah 6-7 tahunan tak gebrak-gebrak tutupnya... berharap warnanya bisa normal kembali... eh nggak ngaruh apa-apa, sempet kena provokasi mamanya Ravi buat ganti ke LCD... mmm... nggak nolak si - tapi mengingat kebutuhan yang lain masih banyak makanya cuman tak bilang... ah paling vga-nya atau konektor power 6 pinnya kendor, besok pagi tak betulin.


Ditemeni Ravi dan rasa was-was melihat Ravi muter-muter sibuk cari objek mainan di sekeliling casing aku mulai membongkar satu persatu h/w-nya, bersihin pake kuas, tiup-tiup... uhuk-uhuk... batuk sedikit, ngelirik Ravi bentar... kasih peringatan... bersihin lagi... kasih peringatan lagi dan setelah diuthek-uthek 1,5 jam kelar sudah bersih-bersihnya.

Sekarang tinggal nyalain... tekan tombol power - ceklik... wusss kipasnya muter... nyala 3 detik... mati 3 detik... nyala lagi... tit bootingnya lancar... warnanya dah normal... masuk BIOS bentar buat ngrubah fsb prosesor ke 533, memory 1066, nambah vdimm jadi 2.1 v, simpan... mati 3 detik... nyala lagi... dan masuk Windows.

Untuk tes kestabilannya aku pake orthos 2 jam, 3d mark 2001, sama Super PI dan lancar.
Kemudian muncul ide... kira-kira kalau fsb-nya dinaikkan lagi pasti sip pikirku... akhirnya pc tak Restart - masuk BIOS buat ngrubah fsb ke 550, memory 1100, vdimm tetep 2.1 v, simpan... mati 3 detik... nyala... masuk Windows, dites lagi lancar.


Karena perubahan yang kedua tetep stabil sekarang fsb aku naikkan ke 600, frekuensi memory 1200, vdimm tetep, simpan... dan... eng ing eng... blue screennya tampil... walah memory-ne klenger - hua... ha... ha... ha... ha.

Dan setelah mereset jumper CMOS beberapa kali mencoba berbagai variasi fsb 600 didapat hasil paling stabil di bawah ini.


Kalau diperhatikan - multiplier prosesor aku jalankan 11 bukan 12/12,5 yang merupakan nilai standarnya, alasannya waktu di Orthos sempat error. Kemungkinan karena vcore belum aku naikkan... tapi karena ini hanya mencoba maka aku cari nilai yang paling stabil dan ketemu fsb 600 (1200) dengan RAM jalan 1000, cukup bagus lah buat pemula.
Targetku nggak muluk-muluk lah, cukup fsb jalan 600 (1200) dengan RAM jalan 1200, jadi 1:1.

Tes kestabilan terakhir aku pake main COD : MW selama 6 jam sampai mumet kepalaku.

Test Bednya :
Motherboard : DFI BloodIron P35 T2RL
Prosesor : Intel DualCore E5200
RAM : Team Xtreem Dark 1 Gb x 2/6400 C4
PSU : Xigmatek NRP 500
OS : Windows XP SP 2


Tidak ada komentar: