19 Februari 2010

PVC Bolic

Awalnya wifi usb-ku tak pake di dalem rumah, karena sinyalnya cukup bagus - meski Low kadang-kadang Very Good tapi tetep lancar browsingnya... aku beli Minitar MWGUHA di jogjabolic.

Tapi akhir-akhir ini sinyal jadi sering hilang sendiri nggak tau kenapa... jadi frustrasi kalau pas butuh internet cari materi pelajaran tau-tau sinyal hilang - muncul lagi - hilang lagi... sebel.

Dulu pernah tak pasang di luar pake kabel UTP/USB cuman hanya di tiang bendera diiket pake rafia, tapi karena tiangnya pendek sinyalnya juga hanya nambah dikit... belum kepikiran untuk memasangnya permanen.

Pengen nyoba wajanbolic harganya Rp. 165.000, tapi modelnya kurang keren - masih keren grid, lagian tetangga dah ada 3 yang masang... modelnya pun sama persis
wong belinya di toko yang sama... pengen nyoba sesuatu yang beda dong.

Terus waktu liat-liat ke websitenya Alnect tak sengaja liat antene omni 8dbi merk TPLink yang ditawarkan Rp. 85.000, sempet ragu-ragu juga... bagus nggak ya... nanti dah dibeli nggak ada peningkatan... rugi to, kan rencana duitnya mau dipake beli radio Access Point buat nggantiin si wifi usb.

Ok... beli nggak papa deh... toh kalau sinyalnya nggak nambah bisa dijual lagi... hehehe. Akhirnya Rabu malam aku ke Alnect... begitu sampai Giwangan hujan deres banget... mo balik nanggung karena niat dan tekad sudah bulat buat beli ni antena.

Sampai rumah aku nyalain pc... sambil nunggu bootingnya selesai aku pasang antena yang luar biasa panjangnya ini di Minitarku menggantikan antena yang lama, colok ke port usb di belakang... scan sebentar daaaaaan woahhh sinyalnya nambah... dikit si tapi yang lebih hebat dia bisa nangkep hotspot lain yang jaraknya 0.5 - 1 km cuman 2, 3
thok.
Mmm... mikir bentar... kalau di taruh di luar pasti lebih dahsyat hasilnya... tapi kalo dah malem kayak gini nggak mungkin deh... besok pulang sekolah saja.

Pulang sekolah... istirahat bentar - kebetulan Ravi lagi bobok jadi aku bebas cari bahan, antara lain :

1. pipa besi untuk tiangnya, nemu bekas jemuran 1/2" panjang 3 m,
2. pipa PVC 1",
3. gabus streofom bekas ganjel printer,
4. dop pvc 1",
5. klem pipa 1/2" + fisher + sekrup,
6. kabel tie,
7. lakban,
8. klem kabel.

alat-alat kerjanya :
1. gergaji besi,
2. amplas halus,
3. cutter,
4. bor listrik + mata bor baja,
5. meteran,
6. kunci sock 8 mm,
7. palu,
8. gunting,
9. spidol.

Pertama-tama ukur dulu panjang usb wifi + antena TPLink, ketemu 35 cm, maka potong pipa pvc sedikit lebih panjang... aku buat 40 cm, haluskan bekas potongan dengan cutter difinishing dengan amplas.

Lanjut dengan memotong streofom dibentuk lingkaran sesuai diameter pipa pvc, ingat memotongnya jangan terlalu kecil, beri lubang di tengah streofom untuk lubang batang antena. Setelah itu pasang streofom lewat bagian atas pipa pvc (cukup 5 cm dari mulut pipa bagian atas), masukkan usb wifi yang sudah dipasangi antena ke dalam pipa dari bawah, kemudian tutup mulut pipa bagian atas dengan dop pvc tadi. Untungnya karena ukuran usb wifinya pas dengan diameter pipa pvc maka nggak perlu diiket segala... pokoke aman.
Sampai di sini berarti pelindung usb wifi sudah selesai (maksudnya sebagai pengganti outdoor box yang harganya mahal... ngirit ceritanya ni)

Gantian ngerjain kabel UTP/USB... cuman sekedar ngecek kalau di bagian atas terbuka lebih baik dilakban supaya air hujan nggak masuk itu saja cukup.
Untuk tiang... apa ya... cari lokasi yang cocok untuk ditempelkan pada tembok... beri tanda pake spidol lokasi mau diklemnya, kerjai dengan bor listrik, kalau nggak punya beli... murah - kalau nggak ada duit minjem juga boleh... hehehe.

Selesai buat lubang di tembok... secukupnya saja jangan banyak-banyak nanti dikira sarang tawon, tapi lebih aman minimal diklem 3 tempat - sengaja pake fisher + sekrup supaya kalau mau nglepas tiangnya mudah, beda kalau dipaku ke tembok susah nglepasnya gitu. Back to topic lanjutkan dengan memasang pipa pvc berisi usb wifi + antena ke pipa besi dengan kabel tie, cukup 2 saja tapi pastikan kuat dan pasang kabel usb atas ke pantatnya usb wifi, ikat kabel usbnya dengan kabel tie.
Naikkan pipa besinya dan pasang klemnya tapi jangan disekrup terlalu kuat karena kita masih mau cari sinyal jadi masih mudah diputer-puter.

Huuuf 80% pekerjaan telah selesai, sekarang tinggal war driving - cari sinyal terbaik. Ambil laptop, bawa keluar - colok kabel usb bagian bawah ke port usb di laptop - jalankan software - scan sebentar dan ini hasilnya setelah diputer-puter.. dahsyat :

Perbedaannya dengan sebelum ganti antene


Ini pvc bolicnya, buatan sendiri pengganti outdoor box - total biayanya :
1. dop pvc (rucika lho) = Rp. 1500,
2. kabel tie 5 - besar 2, kecil 3 = Rp. 500,
3. pipa pvc 1" = Rp. 0,

karena intinya cuman di outdoor boxnya thok, jadi pipa besi untuk tiang, klem, sekrup dll nggak diitung... ok.



2 komentar:

Anonim mengatakan...

yah sinyal yang bagus satu tapi di paswood

Weni Sulistyono mengatakan...

di komplek perumahan saya langganan speedy 1 Mb unlimited mas, jadi member bisa login karena ada account-nya, tp kl mau yg gratisan jg ada dari jardiknas di sekolah terdekat, cuman usb wifi saya kurang tinggi jd sinyalnya lemah