25 Februari 2010

Setting AP Client WA601G

Kalau dipikir-pikir sebenernya membuat hotspot bukan barang baru bagiku, cuman dulu sifatnya hanya pembelajaran bagi siswa SMK... bukan realita seperti ini, apalagi melihat menunya si Senao yang rumit bikin pusing aku yang lama nggak "pegang" AP.

Setelah hari ini sukses me-nyetting Access Point Engenius ECB-3220 jadi hotspot di sekolah, sorenya aku dapet pinjeman Access Point TPLink TL-WA601G yang harganya 3x lebih murah dari AP pertama di atas. Aku beli di Alnect karena di toko langgananku barangnya habis, kena harga Rp. 269.000 dapet bonus POE yang lumayan bagus.

Sengaja pilih WA601G karena AP ini harganya murah, kualitasnya bagus, stok banyak jadi returnya mudah dan yang paling penting menunya sederhana, jadi nyetting-nya mudah... gak kayak Senao - rumit settingannya, nggak jadi-jadi dibuat client... konyol. Lagian cuman dijadiin client saja gak usah beli yang mahal lah.

Sore habis mandi hujan turun... sambil nunggu temen yang mau dateng ngambil software database pesenannya, aku nyalain laptop buat nyoba si AP ini.
Baca manualnya sebentar langsung

mudeng, wong mudah sekali dipahami... langsung praktekkin saja deh.

Langkah-langkahnya :
1. Cari tau IP defaultnya si AP, ketemu : 192.168.1.254,
2. Kemudian ganti nomor IP di LAN laptop, aku pake : 192.168.1.2, subnet : 255.255.255.0,
3. Pasang kabel UTP pada AP dan ujung satunya pada laptop, inget ya susunan kabelnya harus "straight", baik dari laptop ke AP atau dari POE ke AP,
4. Pasang adaptor pada AP,
5. Jalankan Start - Run, ketik : ping 192.168.1.254, kalau muncul kata "Reply from xxx" berarti antara laptop dengan AP dah konek,












6. Jalankan browser... IE aja yang
simple, ketik pada Addressbar-nya : 192.168.1.254
7. Nanti akan ditampilkan menu login, ketik user : admin, password : admin


















8. Perhatikan menu di sebelah kiri, cari submenu Wireless - Wireless Mode - pilih mode yang akan digunakan "Client",
















9. Klik tombol "Survey" di bagian bawah untuk mencari sinyal hotspot, kalau perlu klik tombol "Refresh",
10. Nanti akan ditampilkan daftar hotspot yang bisa ketangkep si AP, pilih salah satu saja klik "Connect", karena AP aku kasih deket laptop dimaklumi kalo dapet sinyalnya cuman satu.




















ini site survey-nya kalo AP-nya dikasih di luar rumah, tinggi 6m
















11. Lanjuuut... kembali ke menu sebelumnya coba deh kembali ke bagian atas, maka kotak SSID dan Mac si hotspot akan ditampilkan di sini, klik Save.
















12. Terakhir, kalau si AP hotspot "mengandung" security, lakukan settingnya sekalian di AP ini, masuk submenu Wireless - Security Setting,
13. Pilih jenis securitynya, AP hotspot tempatku pake WEP 64bit - masukkan kode kuncinya - klik tombol Save.
















14. Naaa... sekarang tinggal merubah setting IP LAN pada laptop, kalau nggak tau buat DHCP saja, tapi kalau pengen tau bisa masuk ke Start - Run - ketik "cmd" - ketik "ipconfig /all" - nanti akan ditampilkan IP yang diberikan si server hotspot ke laptop kita.
15. Selesai sudah... browsing deh.

Oya kalo pengen sinyalnya bagus, stabil, nangkep banyak hotspot, gunakan bantuan antene... bisa yang murah, misalnya wajan bolic - bisa buat sendiri atau kalau gak mau repot beli di sini atau pake antene grid yang harga 2x nya wajan bolic (TPLink).
Ini diperuntukkan khusus bagi yang suka cari hotspot gratisan, seperti siswa TKJ yang pengen nembak hotspot salah satu kampus terbesar di Jogja...sempet bingung cara nyetting-nya jadi AP client.

Dan setelah pemakaian > 4 jam baru keliatan bedanya antara menggunakan AP dengan usb wifi untuk hotspot-an, bisa dikatakan AP tidak pernah terputus koneksinya... jadiii kesimpulannya - ngembaliin AP-nya kapan-kapan deh... kalau inget... hoahahahahahaha.


6 komentar:

arhanprasetyo mengatakan...

wahhh akan aku coba ... hoo hoo ,,, hahahhaha

Weni Sulistyono mengatakan...

lama km gak ol, mo tak ksh liat postingan ini je, nganti bela2in beli AP sendiri

ade mengatakan...

pak boz, mo nanya donk...
itu kan tp-link nya di jadiin client, nah klo ky gitu sinyal yg diterima tp-link bisa diterusin ke leptop secara wireless jg ga? apa harus pake kabel? mohon pencerahannya...
tengkyu banyak...

yogawisnu mengatakan...

mas sulis....kebetulan saya baru beli WA601G...mau saya pakai buat "nangkap" hotspot...setalah dipasang....seting seperti yg mas tulis....yg mau saya tanyakan:
1. seting IP untuk AP apakah perlu diganti menjadi DHCP agar bisa konek ke hotspot...?karena kalau saya ganti ke DHCP pasti gak bisa masuk ke admin pada AP lagi....capek mesti naik2 genteng buat reset.
2. terus untuk seting wireless apakah perlu di set ke DHCP juga...

sekia makasih...soalnya saya belum bisa konek ke hotspot yg saya maksud....

Weni Sulistyono mengatakan...

@ade :
kalau disambungin ke laptop sebagai client ya otomatis harus pake kabel UTP, kecuali si AP di setting sebagai repeater bisa disambung ke laptop secara wireless

@yogawisnu :
1. jangan diganti DHCP, nanti susah kalau mau masuk ke aplikasi TPLink-nya, buat IP manual saja, yang penting inget no-nya.
2. setting wireless bisa DHCP bisa manual.

Anonim mengatakan...

Malem Boz...
Just sharing,, saya bikin hotspot dengan sistem mirip diatas 10 detik di hack orang... akhirnya coba sistem jaringan baru yang lebih aman multibridge tanpa core sistem